MAA Perkuat Peradilan Adat Di Kabupaten Aceh Jaya

Kamis, 30 Maret 2017 Pendidikan & Pelatihan

Oleh admin_acehjaya

Calang 30 Maret 2017 | Majelis Adat Aceh Bekerjasama dengan Majelis Peradilan Adat Aceh kabupaten Aceh jaya melaksanakan penguatan kelembagaan  Peradilan Adat kepada   unsur  Imuem Mukim, Geuchik, Tokoh Pemuda, Tuha Peut, Tokoh Perempuan, Tengku Imuem Meunasah, dan Pengurus MAA Aceh Jaya di Pantai Barat Hotel yang beralamat Desa Ketapang, Kecamatan Krung Sabee. Pelaksanaan Pelatihan Peradilan Adat berlangsung  selama dua hari 29-30 Maret 2017.

Dalam acara pembukaan  sambutan  dari Ketua Majelis Adat Aceh H. Badruzzaman Ismail, SH,.M.Hum, menyampaikan dengan Pelatihan peradilan Adat ini dapat mengaktualisasikan peran lembaga adat untuk menyelesaikan  berbagai  permasalahan  atau sengketa dalam masyarakat. Ini merupakan salah satu wadah  penyelesaian  berbagai persoalan  atau sangketa dalam masyarakat  untuk mewujudkan  kerukunan,  keharmonisan dan kedamaian.

Peradilan Adat merupakan  kearifan  peninggalan  orang tuater dahulu, sehingga saat ini  sudah  semakin diapresiasi oleh berbagai pihak terutama  dalam kontek pembangunan  hukum nasional  bahkan dalam dinamika dunia international. Dengan memperagakan simulasi Pelatihan Peradilan Adat  kepada  para peserta  dapat memperkuat kemampuan  Tokoh Adat/Pemangku  Lembaga Adat dalam menyelesaikan  permasalahan atau sangketa dalam masyarakat terutama di gampong-gampong sebagai pusat komunitas.

Bupati Aceh Jaya memberi sambutan dan sekaligus  membuka secara resmi acara pembukaan Pelatihan Peradilan Adat angkatan kedua Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Jaya  dalam hal ini diwakili oleh  Sekretaris  Daerah  T. Mustafa Ibrahim, S.Pd.

Pemateri  dalam acara tersebut  Ketua MAA H. Badruzzaman Ismail, SH,. M.Hum, dari KasatBinmas Polres Aceh Jaya AKP Khairullah, Ketua Bidang Hukum Adat Abdurrahman, SH,.M.Hum, Sanusi. M Syarif, SE,.M.Phil dan Ketua Bidang Hukum Adat MAA Kabupaten Aceh Jaya  Drs.  H. M. Amin Yunus. (M. Ridwan, SE)